Bangun Tidur Tidak Bisa Gerak, Kenapa ?

Hai sahabat Portal Sehat Indonesia pernahkah anda tidur lantas bangun-bangun tapi tidak bisa gerak ? Mungkin banyak disini yang mengalami kejadian serupa ? Namun apakah hal itu karena faktor ulah benda ghaib ataukah bisa dijelaskan dengan Sisi Ilmiah ? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Beberapa orang bahkan merasa seolah-olah ada seseorang yang menekan mereka, atau menduduki tepat di atas mereka, sehingga menyulitkan mereka untuk bergerak. Dan bahkan ada yang merasakan sampai tidak bisa bicara juga.

Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh).

Bangun Tidur Tidak Bisa Gerak, Kenapa

Ternyata Ada beberapa penjelasan untuk fenomena ini. Ada yang mengatakan semua ini bermuara pada aktivitas otak, sementara yang lain mengatakan, ini merupakan kerasukan setan yang sementara mengambil alih tubuh Anda. Dalam beberapa kasus, biasanya seseorang bermimpi mengalami kecelakaan, itulah yang menyebabkan seolah-olah tubuh Anda terasa lumpuh. Hal ini akan membuat tidur Anda menjadi jauh lebih mengerikan. Sebenarnya faktanya adalah saat Anda mengalami kejadian ini, jiwa Anda tiba-tiba terbangun, sementara tubuh Ada masih tetap dalam mode tidur. Kejadian ini sebagian besar berlangsung dalam beberapa detik hingga beberapa menit jadi tidak akan lama.

Untuk mengetahui penyebabnya kita perlu tahu bahwa ketika tidur aktifitas otak mengalami dua hal berbeda, yang disebut tidur aktif atau REM (rapid eye movement) dan tidur non-REM. Non-REM selama tidur akan menghasilkan gerakkan selagi Anda tidur, seperti berbicara dalam tidur atau berjalan ketika tidur. Sedangkan REM adalah fase tidur yang dalam dan bisa terjadi mimpi sleep paralysis terjadi Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum siap. Kita sadar tetapi tubuh belum bisa bergerak ditambah juga halusinasi bsa jadi karena mimpi dan faktor lainnya. Sampai sekarang penyebab pasti sleep paralysis belum diketahui. Diduga sebabnya adalah kebiasaan tidur menghadap ke atas, pola tidur tak tentu (kurang tidur), stress, dan perubahan mendadak pada lingkungan atau lifestyle, dilansir dari halaman muslimafiyah.com pada 31 Januari 2014

Saran dari admin jangan sampai anda kelelahan ataupun kurang tidur, juga hindari stress dan jangan tidur terlentang jika tidak mau kejadian ini menimpa tidur anda.

Sekian artikel tentang Bangun Tidur Tidak Bisa Gerak, Kenapa ? kali ini yang bisa kami sajikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel selanjutnya. Salam Portal Sehat !

✔ Silahkan bagikan jika dirasa bermanfaat !

0 Komentar Untuk Bangun Tidur Tidak Bisa Gerak, Kenapa ?

Post a Comment